Kreditur Dan Debitur


Kreditur adalah suatu badan usaha jasa keuangan atau perorangan yang meminjamkan dana (uang) kepada masyarakat dengan imbalan pengembalian bunga. Badan usaha jasa keuangan misalnya Bank atau Non Bank sedangkan perorangan biasa disebut rentenir.

Di Indonesia hampir semua perusahaan jasa keuangan menawarkan kepada masyarakat atau nasabahnya untuk meminjam dana dengan imbalan pengembalian dalam bentuk bunga. Misalnya Bank BUMN, Bank Swasta, Bank Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat. Sedangkan perusahaan Non Bank misalnya perusahaan leasing, koperasi atau sekelompok orang.

Sedangkan rentenir basanya hanya satu orang saja yang mempunyai dana lebih yang kemudian dana tersebut dipinjamkan kepada masyarakat.

Tentunya ada ada persyaratan yang berlaku di masing-masing perusahaan jasa keuangan yang harus dipenuhi oleh masyarakat jika ingin meminjam uang, seperti KTP, no telepon yang bisa dihubungi dan agunan. Ketiga persyaratan itu biasanya yang menjadi patokan dalam mengajukan pinjaman di perusahaan jasa keuangan.

Jika sebelumnya anda pernah bermasalah dengan pinjaman di Bank atau Non Bank sebaiknya anda jujur kenapa anda pernah bermasalah. Karena Bank atau Non Bank akan mengecek data anda di Bank Indonesia. Jangan sekali-kali anda memalsukan data anda karena anda akan dikenakan sansi penipuan yang berujung pada hukum yang berlaku di Indonesia.

Rentenir adalah seseorang yang meminjamkan uang kepada orang lain yang membutuhkan uang dengan imbalan bunga yang tinggi. Biasanya rentenir tidak membutuhkan banyak persyaratan seperti yang berlaku di perusahaan jasa keuangan.

Debitur adalah orang yang meminjam uang kepada perusahaan jasa  keuangan atau rentenir, biasanya untuk keperluan konsumtif atau modal kerja.

Masyarakat Indonesia biasanya ingin persyaratan yang simple dan tidak bertele-tele, dikarenakan belum pahamnya mengenai prosedur pengajuan kredit dan hokum yang berlaku di Indonesi. Itu sebabnya masih ada masyarakat Indonesia yang meminjam uang kepada rentenir karena persyaratan yang sangat mudah.

Isi Blog Yang Sering Dibaca

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner